Akibat Tidur Sebentar


Ketemu lagi!! Melanjutkan postingan saya beberapa hari lalu yang berjudul Masalah Tidur Umum dan Solusinya, Kali ini saya akan membahas masalah durasi tidur atau lamanya waktu tidur. Saya peringatkan bagi anda yang sangat suka tidur dan tidak ingin merubah hobi anda, sebaiknya nggak membaca postingan ini dan anda yang tidak suka tidur juga jangan baca postingan ini karena postingan ini dapat merubah persepsi anda mengenai tidur.

Jadi, menurut anda, berapa lamakah durasi waktu yang paling enak untuk tidur anda? Jika anda seperti saya, maka anda akan tidur selama 8 jam tiap harinya itu udah termasuk tidur siang. Tapi jika anda tidur kurang dari 5/6 jam sehari, Hmm… sebaiknya anda merubah pola tidur anda. Mengapa? Beberapa bulan yang lalu, British Sleep Society mengumumkan hasil penelitian mereka seputar durasi tidur. Yaitu dengan memotong waktu tidur sekitar 10,000 pegawai sipil dari 6 jam menjadi 5 jam dan pada akhirnya, conclusionnya adalah bahwa “orang yang tidur kurang dari 6 jam memiliki resiko kematian 2 kali lebih besar daripada resiko kematian penyakit stroke atau serangan jantung!” Bayangin!! Penyakit jantung yang paling menakutkan (Minimal buat sayalaah…), kalah berbahaya samakekurangan tidur!!?? Menakutkan! Dan tambahan lagi, kesimpulan keduanya adalah, kekurangan tidur meningkatkan death risk sekitar 70%! Tau nggak death risk? Death risk itu artinya resiko kematian…

Nah, sekarang sadarkan? Bagaimana bahayanya orang yang menyianyianyainyaa…kan (maksudnya menyia-nyiakan) waktu tidurnya? Jadi kesimpulannya, kita tidak boleh tidur kurang dari 5 jam. Tapi bagaimana jika lebih dari lima/enam jam?

Jadi, tidur yang ideal adalah sekitar 7-8 jam perharinya. Namun jika tidur berlebihan, hal ini justru dapat memperburuk kesehatan kita. Karena tidur yang terlalu lama, dapat memperburuk keadaan kita sehingga pada waktu bangun malah jadi cape’ dan pegel-pegel. Dan jika pada problem sebelumnya British Sleep Society yang melakukan survey, kali ini yang mengumumkan hasil surveinya adalah Finnish Study dan hal ini dilakukan dalam waktu yang hamper berdekatan. Dan yang lebih mengejutkan lagi adalah bahwa hasil survey mereka menyatakan, “Seseorang yang tidur lebih dari 8 jam tiap harinya akan meningkatkan resiko kematian sekitar 20% dan dapat memicu timbulnya stroke.”

Jadi apa yang harus kita lakukan sekarang?? Tidur kelamaan nggak boleh, tidur terlalu sebentar juga nggak boleh. Terus bagaimana ini??

Kalau menurut saya sih, sebaiknya anda tidur sekitar 8 jam seharinya dan dilakukan pada waktu yang teratur. Dan jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan dan sayuran yang bergizi karena mengandung antioksidan yang tinggi. Dan jangan lupa berolahraga. Semua ini sebaiknya anda lakukan untuk menghindari penyakit-penyakit yang mudah menjangkit karena tidak semua hasil penelitian diatas disebabkan karena durasi tidur seluruhnya. Namun ada beberapa factor-X yang memperkuat dampak buruk yang terjadi. Jadi sebaiknya anda jangan terlalu percaya (tapi jangan menolak) postingan ini karena kesehatan anda semua sepenuhnya berada di tangan anda dan bergantung pada bagaimana anda menjaganya. Jadi, Ya……… gitu deh…. Bye!

Iklan

Posted on April 23, 2010, in Health and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: